PERANCANGAN SEVEN SEGMENT DECODER


Salah satu fungsi dari rangkaian digital adalah mendekodekan data dari bahasa mesin ke bilangan decimal. Alat output yang biasa digunakan untuk mendisplay bilangan tersebut adalah SEVEN SEGMEN DISPLAY. Seven segment tersebut disusun sedemikian rupa dengan 7 buah led yang ditandai dengan huruf a – g sehingga mendisplaykan angka dan huruf (bilangan hexadecimal): 1,2,3,4,5,6,7,8,9,a,b,c,d,e,f.

Untuk mendisplaykan masing-masing angka/huruf yang kita inginkan (0,1,2,3,4,5,6,7,8, 9,a,b,c,d,e,f) digunakan sebuah perangkat lagi yaitu BCD (Binary Coded Decimal) to Seven Segment Converter. Alat ini merupakan decoder input 4 bit dan output 7 bit. Ketujuh bit output tersebut nantinya akan digunakan sebagai input seven segment display.

Konversi dari 4 bit BCD menjadi display pada seven segment display dapat kita lihat pada tabel kebenaran berikut:

Kita ambil sebuah contoh, untuk mendisplaykan angka 4 (0010 biner), maka lampu led yang seharusnya hidup pada seven-segment display adalah led Db, Dc, Df, Dg. Nah, sekarang bandingkan dengan tabel kebenaran, apakah sudah sama?

Nah, sebelum beranjak ke display angka 4 tersebut, mari kita rancang rangkaian dekoder (BCD to 7 segment) dengan kode Boolean terlebih dahulu. Supaya lebih mudah dan implementasinya lebih sederhana, gunakan metode Karnaugh Maps. Di sini, kita akan menggunakan metode SOP.

Supaya lebih mudah lagi download software:

Karnaugh Minimizer

Kembali ke topik, rancangan dekodernya adalah sbb:

- Untuk led Da


a= C(B+A')+D'(A+B')+A'BD+AB'C'

- Untuk led Db


b= B'(D'+C')+D(A⊕C)+A'C'D'

- Untuk led Dc


c= D(C'+A')+A⊕B+B'C'

- Untuk led Dd


d= C(D'+B')+D'(A+B')+BC'D

- Untuk led De


e= C(D'+A)+AB+B'D'

- Untuk led Df


f= D'(B+C')+A(BC+B'D)+A'BC'

- Untuk led Dg


g= C(A+B')+AB'+BC'D+A'BD'


Setelah rangkaian yang agak bikin panas kepala tadi selesai, maka decoder siap digunakan dengan 4 masukan saja. Kembali ke contoh di atas sebelumnya, untuk menghidupkan angka display 4 berikan sinyal 0010 ke terminal input decoder. Demikian.

Comments

Popular posts from this blog

Perbaikan Putaran Fasa (Listrik 3 Fasa)

Perlengkapan Sistem Tenaga di Gardu Induk

Setting dan Wiring Relay ABB Tipe SPAJ 140C